Jumat, 06 Januari 2012

PERTIMBANGKAN SEBELUM MELANGKAH

Kenapa saya beri Judul "PERTIMBANGKAN SEBELUM MELANGKAH"....?
Pada saat anda menemukan blog saya atau anda sedang mencari-cari artikel tentang usaha Jamur Tiram, alasan yang paling tepat karena anda sedang mau menerjuni Usaha jamur Tiram, Alasan yang kedua anda sedang menyususn skripsi dan alasan berikutnya anda sedang mencari2 usaha apa yang cocok untuk di kembangkan, dan alasan yang paling akhir adalah karena anda iseng saja...

yang dalam benak anda untuk budi daya jamur tiram ini adalah anda mendengar bahwa budi daya jamur tiram ini resikonya sangat kecil dan keuntungannya sangat menggiurkan.... untuk pernyataan ini kebenarannya 50:50, Tidak sedikit petani jamur tiram yang berhenti untuk tidak melanjutkan usaha ini dikarenankan pengeluarannya terlalu banyak dibanding dengan pemasukannya, namun yang sukses dalam bidang ini juga banyak...
kalau anda bertanya "lantas apa yang menyebabkan Rugi...?" saya banyak mengamati petani di daerah saya sendiri dan banyak menemui petani yang berhenti karena rugi bahkan ada yang menyewakan kumbungnya untuk orang lain.....
saya ada beberapa tips sebelum anda memulai usaha jamur tiram ini... :
1. CARILAH PASAR
Sebelum anda memulai usaha ini sebaiknya anda survey dulu kira2 apakah ada yang mau menerima jamur tiram anda secara continue dan berapa kapasitasnya...
2. BAGLOG BELI
biasanya untuk awalnya anda akan beli baglog yang sudah jadi, karena tingkat resikonya akan kecil dibanding anda buat sendiri, dan biasanya juga untuk awalnya hasil panen anda akan diterima oleh mitra dimana anda mengambil baglog dari dia, namun anda tetap harus mencari pasar sendiri supaya harga tidak dikendalikan oleh dia, ya syukur2 mitra tersebut sudah ada komitment dengan anda...
pengalaman saya, dulu awalnya saya juga mengambil baglog dan menyetor hasil panen di orang yang sama dan sudah komitment namun siapa sangka kalau teman saya trs menurunkan harga dengan ancaman tidak mengambil hasil panen saya lagi, jika diturunkan saya akan rugi karena harga baglog dengan panen tidak sebanding dan inilah perlunya anda saya sarankan untuk mencari pasar sendiri.
3. BENTUKLAH KOMUNITAS
Harga jamur akan stabil jika pedagang dan pengepul punya kerjasama yang bagus, dan untuk menjalin kerjasama ini anda harus membentuk suatu komunitas yang punya hobi yang sama dan membagi tugas dimana dalam tugas ini sama2 menguntungkan...
pengalaman saya jika saya setor ke pengepul disaat pengepul itu banyak barang dan permintaan sedikit maka hal yang dilakukannya adalah mengurangi jatah atau mengurangi harga dan inilah yang membuat petani rugi jadi pentingnya komunitas ini

Saya ambil contoh :
dalam usaha jamur tiram ini ada hal yang berkaitan antara lain :
PETANI - PENGEPUL - PASAR  ---> jika ketiga hal ini dilakukan oleh teman sendiri maka harga akan stabil dan menghindari kerugian
dan ketiganya ini didukung oleh :
PENGOLAHAN - PEMASARAN - PENGEMBANGAN ---> ketiga hal ini harus ada untuk memperkuat pasar
Pengolahan berfungsi  jika ada panen raya semua petani dalam satu musim
Pemasaran berfungsi memasarkan Jamur tiram ke pasar tradisional maupun pasar lokal bisa juga lewat On line
Pengembangan berfungsi jika permintaan banyak maka anda dan komunitas anda mulai memikirkan untuk penambahan kapsitas kumbung..

1 komentar:

  1. mas saya sedang ingin melakukan bisnis jamur ini namun saya menemukan kendala karna katanya di pasar jrng peminatnya ya mas

    BalasHapus

Untuk informasi selengkapnya silahkan tanyakan disini